Friday 25 March 2011

Masjid Ibrahim di Hebron (5.4.1)

Makam Nabi Ishak AS

Mimbar dibawa oleh Salahuddin Al Ayubbi berhias, ukiran kayu, logam berwarna emas, yakut merah
memperlihatkan gaya Parsi abad ke 11

Ukiran di bahagian dinding dan pintu depan, motif geometri Arabes Parsi



MEMANG panjang sejarah di sini. Hebron kota asal terletak 20 batu di timur Jerusalem. Kota di perbukitan yang subur dengan tanaman anggur, bunga-bunga anggerek dapat berkembang dengan indah. Dibuka dengan mendirikan kuil-kuil di gua Makhpela oleh Gerodes. Bahan batu dari perbukitan dengan ukuran besar ditata menjadi tembok tinggi warna kuning air. Menyentuh temboknya terasa kesat dan dingin. Inikah sisa kerajaan Herodian yang telah wujud sejak abad pertama SM? Di kota ini juga mengikut kepercayaaan Yahudi, Abrahan (Nabi Ibrahim) menempah gua Makhpela untuk kuburan dan makam keluarga terutama Sara dan Ishak terakhir Nabi Yaacob.
Byzantium pernah berkuasa menghancurkan kuil Yahudi pada abad ke 4 M . Muncul perang salib, Islam menang juga menambah bentuk kubah menjadi masjid. Peranan Shalahuddin Al-Ayubbi (1138-1192 M), menjadikan masjid ini kembali bersama menaikkan maruah Islam. Dengan latar suku Kurdi maka dibawalah mimbar penuh ukiran Parsi.
Kami menatapnya teruja. Kayu kukuh berukiran silang geomteri di dinding sisi kanan kiri dan pintu yang dapat ditutup menuju tangga untuk imim memberi khutbah.
Walaupun memenangi Perang Salib tetapi Salahuddin Al Ayyubi tidak membunuh musuh. Sebaliknya sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad saw, mereka yang mempunyai kepakaran tertentu diundang untuk turut membena kota Hebron. Setelah berdamai dengan terus diajukan konsep perdamain. Orang Armani kembali berniaga, membuat tembikar tanah liat, dan meniup kaca. Petani Palestin bertanam zaitun, anggur dan almond juga mengembala domba. Yahudi membakar roti. Mangkok, pasu dari batu dan tanah liat, menghidupkan sistem dagang di Hebron.
Namun Kuasa politik merosak keharmonian jiwa manusia. Zionis lebih berkuasa dari Yang Maha Kuasa. Inikah kebanggaan zaman yang mereka percaya, Tuhan telah memilih mereka sebagai bangsa terpuji dengan membawa Nabi Daud as yang mereka nobat sebagai King David, bertahta abadi? Umat Muhammad saw harus dihalau dari bumi kelahiran mereka di Hebron juga? Mereka masih mengharap makam Nabi Ibrahim, Sara, Ishak, Rabeka dan Lia (keduanya isteri Ishak) harus dapat dipuja walau semuanya masih berada di dalam masjid.
Peristiwa fajar 1994, masjid ini kembali di serang, dirampas, dan jumaah subuh turut dicabut nyawa demi kepercayaan mereka, Islam adalah musuh untuk selama? sungguhkan begitu. 400 keluarga Palestina kini dibelengu. Masjid dibagi dua, di pagar dan azan jarang berkemundang.
Allahuakbar!
Hujan gerimis melepaskan kami untuk beredar, meninggalkan pekan Hebron yang sunyi. Tetapi esok lusa, mungkin meledak lagi peluru menembusi jidat anak-anak kelahiran di bumi Hebron ini.
(Nota Baitulmaqdis, 5.4.1)

No comments: